Post Details

research
  • 17 Feb 2024

Tips Menambah Berat Badan Cepat Dan Alamin Sehat 2024

Menambah Berat Badan Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Selain penampilan, berat badan yang ideal juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit. Namun tahukah Anda cara menambah berat badan yang benar? Cara menambah berat badan juga harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Baca penjelasan penambahan berat badan selengkapnya di bagian komentar di bawah.

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Banyak orang tanpa sadar mengalami kenaikan berat badan karena mengonsumsi gula dan lemak dalam jumlah berlebihan. Padahal, lemak tubuh jenis ini tidak baik bagi kesehatan tubuh. Lalu bagaimana cara menambah berat badan dengan aman dan sehat? Di bawah ini Anda akan menemukan penjelasan masing-masing.

Makanlah Makanan Padat Nutrisi

Jika ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berlemak atau makanan dan minuman tinggi gula. Untuk menjalani hidup yang lebih sehat, dianjurkan pola makan seimbang yang meliputi buah-buahan dan sayur-sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, telur, dan tempe.

Makanlah Dengan Porsi Lebih Kecil dan Lebih Sering

Cara menguatkan tubuh selanjutnya adalah dengan memperbanyak asupan makanan. Sayangnya, orang dengan berat badan lebih rendah merasa lebih cepat kenyang sehingga sulit menambah ukuran porsi.

Oleh karena itu, daripada lebih sering makan tiga porsi besar per hari, cobalah makan 5-6 porsi per hari, namun dalam porsi kecil. Hal ini memudahkan Anda menambah asupan kalori tanpa merasa terlalu kenyang.

Pilih Makanan Berkalori Tinggi

Salah satu cara menambah berat badan secara perlahan adalah dengan menambah asupan kalori sebanyak 300 hingga 500 kkal per hari. Untuk memenuhi kebutuhan kalori, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya lemak dan protein sehat. Berikut beberapa makanan sehat dan berkalori tinggi:

  • Daging merah, salmon, ayam dan telur.
  • Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan kacang tanah.
  • Kentang, biji-bijian dan nasi merah.
  • Susu murni dan yogurt, keju atau produk susu lainnya. 

Makan Camilan Yang Sehat

Selain makanan utama, Anda juga bisa mengonsumsi camilan sehat lainnya untuk membantu penambahan berat badan. Camilan sehat dan bergizi seperti coklat hitam, buah, roti gandum, dan yogurt bisa menjadi sumber kalori ekstra yang baik.

Meski tujuannya untuk menambah berat badan, namun sebaiknya hindari junk food seperti gorengan karena mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Alih-alih mencapai berat badan ideal, gorengan justru meningkatkan risiko obesitas dan beberapa gangguan kesehatan lain seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Berolahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya penting bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, tapi juga bisa menjadi salah satu cara menambah berat badan. Jika ingin menambah berat badan, aktivitas fisik ini harus dilakukan secara rutin untuk meningkatkan massa otot dan mengurangi jaringan lemak.

Jenis olahraga yang disarankan untuk menambah berat badan adalah latihan kekuatan, seperti push-up atau dumbel, lunge, dan plank.

Selain air mineral yang cukup, disarankan juga untuk mengonsumsi susu segar atau produk olahan susu seperti yogurt atau puding rendah gula setiap hari. Cara mencapai berat badan yang sehat. Selain memenuhi kebutuhan cairan, meminum minuman ini juga dapat meningkatkan asupan kalori harian Anda.